Skip to main content

Jenis-Jenis Sarana dan Prasarana Kantor. Pengertian, jenis-jenis dan tata ruang kantor

 JENIS-JENIS SARANA DAN PRASARANA KANTOR


A. Pengertian Sarana Dan Prasarana

Pengertian sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksut atau tujuan. Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembanunan, proyek).

Untuk memudahkan membedakan keduanya, sarana lebih ditujukan untuk benda-benda yang bergerak seperti komputer dan mesin-mesin, sedangkan prasarana lebih ditujukan untuk benda-benda yang tidak bergerak seperti gedung, ruang dan tanah. Sarana dan prasarana juga mempunyai arti dan maksud yang sama dengan istilah perbekalan kantor. Tersedianya sarana dan prasarana yang cukup dengan kualitas yang baik, sangat dibutuhkan setiap organisasi dimanapun dalam penyelenggaran kegiatannya untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Tanpa adanya sarana dan prasarana, mustahil tujuan akan tercapai. Demikian halnya kantor, tempat berlangsungnya kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan ketatausahaan atau administrasi, juga sangat memerlukan sarana dan prasarana kantor. Bahkan tidak akan ada pekerjaan kantor yang tidak berkaitan dengan sarana dan prasarana kantor.

B. Jenis-Jenis Sarana Dan Prasarana 

Peralatan/ Perlengkapan Kantor (Offiece Supplies)

Peralatan/ Perlengkapan kantor adalah barang-barang yang digunakan untuk menghasilkan suatu pekerjaan yang diharapkan di kantor. Misalnya kertas, amplop, pita mesin, dsb.

Peralatan/ Perlengkapan kantor adalah alat atau bahan yang digunakan untuk membantu pelaksanaan pekerjaan kantor, sehingga menghasilkan suatu pekerjaan yang diharapkan selesai lebih cepat, lebih tepat dan lebih baik.

Peralatan/ Perlengakapan dilihat dari bentuknya

Berbentuk lembaran

Berbentuk non lembaran

Berbentuk buku

Peralatan/ perlengkapan dilihat dari penggunaannya

Barang habis pakai 

Barang tidak habis pakai


Mesin-Mesin Kantor (Office Machine)

Mesin-mesin kantor adalah segala macam mesin kantor yang digunakan untuk memproses pekerjaan kantor. Misalnya laptop, komputer, scener, printer, LCD, mesin foto copy, dsb.

Mesin Komunikasi Kantor

Pesawat kantor adalah semua mesin kantor yang digunakan untuk mengadakan komunikasi baik di lingkungan sendiri maupun dengan pihak luar kantor. Misalnya aipon, telepon, fax, dsb.

Perabot Kantor (Office Furniture)

Perabot kantor yaitu segala macam barang/ benda kantor yang berfungsi sebagai penunjang terhadap pekerjaan kantor. Perabot kantor juga bisa diartikan segala macam peralatan yang berkaitan dengan tulis-menulis dan penyimpanan hasil kerja kantor. Istilah lain dari perabot kantor adalah perkakas kantor atau office furniture. Misalnya meja, kursi, lemari, filling cabinet, rak, dsb.

Interior Kantor (Office Arrangement)

Interior kantor yaitu semua jenis barang/ fasilitas yang berfungsi untuk menghias ruang kantor sehingga tercipta ruangan yang serasi. Misalnya gambar, lampu, vas bunga, dsb.

C. Tata Ruang Kantor  (Office Lay Out)

Pengertian/ Definisi Ruang Kantor Menurut Para Ahli

Drs. The Liang Gie, dalam buku administrasi perkantoran modern, adalah penyusunan alat-alat pada letak yang tepat serta pengaturan kerja yang memberikan kepuasan bekerja bagi para karyawan.

Littlefield dan Peterson, dalam buku Modern Office Management, tata ruang kantor dapat dirumuskan sebagai penyusunan alat perlengkapan pada luas ruang yang tersedia.

Tujuan Tata Ruang Kantor

Memberikan kenyamanan bagi karyawan

Memanfaatkan ruang kantor dengan maksimal, sehingga tidak ada ruang yang tidak berguna

Memudahkan arus komunikasi dan arus kerja

Memudahkan dalam pengawasan

Memudahkan dalam pemberian layanan

Memudahkan gerak karyawan dalam bekerja

Memberikan rasa aman dan keleluasaan pribadi

Menjauhkan dengan kebisingan yang terjadi

Memberikan pencitraan yang baik kepada pelanggan maupun tamu perusahaan

Bentuk-Bentuk Tata Ruang Kantor

Ruang Kantor Terbuka

Adalah ruangan dimana semua kegiatan karyawan dilakukan bersama-sama dalam satu ruangan tanpa dipisahkan oleh tembok ataupun penyekat dari kayu.

Keuntungan

Mudah merubah ruangan

Mudah dalam berkomunikasi

Mudah dalam pengawasan

Menghemat penggunaan ruang

Memudahkan penempatan, penggunaan dan perawatan peralatan kerja

Cahaya mudah masuk dan udara mudah beredar sehingga suasana lebih segar

Kerugian

Sulit melakukan pekerjaan rahasia

Kebisingan akan membuat konsentrasi kerja terganggu

Karyawan kurang leluasa dalam hal yang menyangkut pribadi

Ruang Kantor Tertutup

Ruang dipisahkan oleh tembok-tembok atau penyekat yang terbuat dari kayu.

Keuntungan

Pekerjaan yang sifatnya rahasia dapat terjaga

Pimpinan maupun karyawan dapat bekerja lebih tenang, karena terhindar dari kebisingan

Karyawan lebih leluasa dalam bekerja

Kerugian

Pengawasan lebih sulit karena terhalang oleh penyekat

Cahaya sulit masuk dan udara lebih sulit beredar sehingga suasana lebih pengap dan gerah

Perubahan tempat lebih sulit dilakukan

Ruang Kantor Semi Tertutup

Ruangan yang disekat hanya setinggi 1,5 meter.

Keuntungan : Menjaga privasi kerja

Kerugian : Perubahan tempat lebih sulit dilakukan

D. Pedoman Pembuatan Tata Ruang Kantor

Asas-asas tata ruang kantor

Asas jarak terpendek

Asas rangkaian kerja

Asas penggunaan seluruh ruangan

Asas integrasi kegiatan

Asas perubahan susunan tempat

Asas keamanan dan kepuasan karyawan

Prinsip-prinsip tata ruang kantor

Bagian atau fungsi kerja yang berhubungan ditempatkan berdekatan

Pekerjaan dilakukan secara berkesinambungan dalam garis lurus

Alur kerja harus sederhana

Perlengkapan kantor diletakkan dekat karyawan yang menggunakannya

Sebaiknya meja dan kursi dalam satu bagian mempunyai ukuran yang sama

Perhatikan cahaya, sebaiknya tidak ada karyawan yang menghadap cahaya langsung

Jika pekerjaannya banyak berhubungan dengan masyarakat, sebaiknya ditempatkan dibagian terdepan

Jika ada pekerjaan yang dapat mendatangkan kebisingan, sebaiknya dijauhkan dari bagian-bagian yang lain dan ditempatkan dekat jendela

Faktor-faktor yang mempengaruhi tata ruang kantor

Sistem pencahayaan/ penerangan

Ada empat jenis pencahayaan yaitu

Natural lighting = sinar matahari

Task lighting

Ambient lighting = lampu-lampu langit-langit

Accent lighting = daerah-daerah tertentu

Sistem pencahayaan/ penerangan ada empat:

Penerangan direct

Penerangan semi direct

Penerangan indirect

Penerangan semi indirect

Sistem warna

Menurut Darul Amin Jemmy, warna-warna yang lembut akan cocok dengan suasana kerja, diantaranya abu-abu cerah, krem, warna gading (broken white), dan warna lainnya yang memiliki tingkat pantul cahaya yang dianjurkan.

Macam-macam warna:

Warna primer: merah, biru, kuning

Warna sekunder: warna yang dihasilkan dari campuran warna primer

Warna tersier: campuran dari warna primer dan warna sekunder

Arti warna dan efek psikologis:

Merah: berani, sensual, merah

Kuning: kehangatan, bercahaya dan cerah

Hijau: alami

Biru: harmonis, tenang, lapang

Putih: orisinal, ringan, polos, tenteram, nyaman, tenang

Merah muda: ceria, romantis

Orange: bersahabat dan hampir sama dengan merah

Pertimbangan dalam memilih warna ruang:

Ukuran ruang

Lokasi bangunan

Lokasi ruangan

Tipe ruangan

Bentuk ruang

Tinggi ruang

Keuntungan penggunaan warna yang sesuai:

Kantor lebih menarik dan menyenangkan

Ruangan tidak terlalu silau akibat cahaya yang berlebihan

Karyawan dapat bekerja lebih semangat, tenang dan gembira

Produktivitas kerja karyawan akan meningkat

Karyaan merasa lebih lega dan rasa tertekan dapat berkurang

Dapat meningkatkan citra yang baik bagi perusahaan




Sistem pengaturan udara ruangan

Prof. Sutarman, seorang Guru Besar Fisiologi Fakultas Kedokteran UI menyatakan “ beban panas yang berlebihan dapat menurunkan prestasi kerja”. Suhu udara untuk kondisi bekerja dengan nyaman adalah 25,6 C.

Cara mengatasi udara yang panas dan lembab yaitu

Ruangan kantor menggunakan AC yang dapat mengatur suhu ruangan secara otomatis

Membuat ventilasi (lubang udara) yang cukup

Memakai pakaian kerja yang sesuai dengan kondisi ruang

Keuntungan pengaturan udara yang tepat dan baik:

Karyawan lebih nyaman dalam bekerja

Semangat kerja karyawan dapat meningkat

Kesehatan karyawan lebih terpelihara

Produktivitas kerja lebih meningkat

Kualitas kerja menjadi lebih baik

Memberi kesan yang baik kepada tamu

Sistem penataan suara

Suasana yang diperlukan dalam bekerja adalah tenang terutama yang membutuhkan konsentrasi. Tapi jika gaduh dapat menimbulkan produktivitas menurun.

Berikut hal yang ditimbulkan akibat suara gaduh:

Konsentrasi karyawan terganggu

Semangat kerja karyawan menurun

Dapat terjadi gangguan mental/ saraf karyawan

Karyawan tambah lelah

Kesalahan kerja banyak terjadi

Produktivitas kerja rendah

Cara mengurangi tingkat kebisingan:

Ruangan diberi penyadap suara

Dibawah mesin tik diberi alas karet. Sehingga suaranya dapat diredam

Pengadaan printer usahakan tidak terlalu bersuara (laser)

Gerakan disiplin karyawan harus mendapat perhatian

Tempat pesawat telepon usahakan di tempat khusus

Comments

Popular posts from this blog

TATA CARA PEMELIHARAAN PERALATAN KANTOR | Materi sarana dan prasarana

 PEMELIHARAAN PERALATAN KANTOR A. Pengertian Pemeliharaan Peralatan Kantor Pemeliharaan, yaitu segala usaha yang dilakukan terus menerus agar barang tetap terpelihara baik, sehingga siap pakai pada saat digunakan. Pemeliharaan peralatan kantor adalah kegiatan untuk melaksanakan pengurusan dan pengaturan agar semua sarana dan prasarana selalu dalam keadaan baik dan siap untuk digunakan secara berdaya guna dan berhasil guna dalam mencapai tujuan pendidikan. Pemeliharaan merupakan kegiatan penjagaan atau pencegahan dari kerusakan suatu barang, sehingga barang tersebut kondisinya baik dan siap digunakan. Pemeliharaan mencakup segala daya upaya yang terus menerus untuk mengusahakan agar peralatan tersebut tetap dalam keadaan baik. Pemeliharaan dimulai dari pemakaian barang, yaitu dengan cara hati-hati dalam menggunakannya. Pemeliharaan yang bersifat khusus harus dilakukan oleh petugas yang memiliki keahlian sesuai dengan barang tersebut. B. Tujuan dan Manfaat Pemeliharaan Peralatan Ka...

TATA CARA: PENGHAPUSAN BARANG INVENTARIS YANG BAIK DAN BENAR SESUAI PROSEDUR

TATA CARA  PENGHAPUSAN BARANG INVENTARIS A.     Pengertian Penghapusan Barang Pengertian Penghapusan Menurut Beberapa Ahli 1.       Penghapusan Menurut ( Ibnu Syamsi ) Penghapusan (disposal) adalah penyingkiran barang – barang inventaris, karena tidak diperlukan / dipergunakan lagi. 2.       Penghapusan Menurut ( Lukas dan Rumsari ) Penghapusan barang adalah kegiatan pembebasan barang dari pertanggung jawaban yang berlaku dengan alasan yang dapat dipertanggung jawabkan. 3.       Penghapusan Menurut ( Keputusan Menkue No. 470 KMK.01 / 1994) Penghapusan adalah keputusan dari pejabat yang berwenang untuk menghapus barang dari daftar investaris (Buku Inventaris) dengan tujuan membebaskan bendaharawan barang atau pembantu penguasa barang (PPBI) 4.       Penghapusan Menurut ( Permendagri No.17 Tahun 2007) Penghapusan barang milik daerah...

MATERI PENGHAPUSAN SARANA DAN PRASARANA KANTOR DAN SEKOLAH

 PENGHAPUSAN PERALATAN KANTOR A. Pengertian Penghapusan Peralatan Kantor Penghapusan yaitu usaha yang dilakukan untuk meniadakan atau menghapus barang-barang dari dalam daftar inventaris berdasarkan peraturan yang berlaku. Penghapusan peralatan kantor merupakan kegiatan pembebasan sarana dan prasarana kantor dari pertanggungjawaban yang berlaku dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Secara lebih operasional penghapusan peralatan kantor adalah proses kegiatan yang bertujuan untuk mengeluarkan/ menghilangkan sarana dan prasarana dari daftar inventaris, karena peralatan kantor tersebut sudah dianggap tidak berfungsi sebagaimana yang diharapkan terutama untuk kepentingan pelaksanaan pekerjaan kantor. Penghapusan peralatan kantor dilakukan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penghapusan sebagai salah satu fungsi manajemen sarana dan prasarana kantor harus mempertimbangkan alasan-alasan normatif tertentu dalam pelaksanaannya. Oleh karena muara berbagai perti...